Ilmuwan Kembangkan Kulit Superman Tidak Tembus Peluru

SUPERMAN - Bagaimana rasannya menjadi Superman dengan kulit tahan peluru? Saat ini, sebuah jaringan kulit futuristik yang dirancang oleh Jalila Essaidi, berfungsi memperkuat sel-sel kulit manusia dengan sutra laba-laba, dan dapat menghentikan sebuah proyektil peluru.


Seperti diwartakan New Scientist, Selasa (31/1/2012), meskipun benang laba-laba terlihat rapuh, tenunan sutra  laba-laba memiliki kekuatan empat kali lipat yang dimiliki Kevlar, bahan yang digunakan dalam rompi antipeluru.

Sebuah tim internasional bekerja sama untuk menciptakan materi baru tersebut. Pertama, kambing transgenik dan ulat sutera yang diberi perlengkapan untuk memproduksi protein sutra laba-laba, sehingga mengeluarkan bahan mentah itu di laboratorium biologi sintetik, di Utah State University.

Kepompong kemudian dikirim ke Korea Selatan, tempat kepompong itu dibuat menjadi benang, kemudian ditenun menjadi kain di Jerman.

Sutra hasil modifikasi tersebut kemudian dijepit di antara sel-sel kulit buatan yang dikembangkan ahli biokimia Abdoelwaheb El Ghalbzouri di Leiden University Medical Center, Belanda. Setelah lima pekan inkubasi, kulit hibrida sudah siap untuk uji coba.

Selain mengeksplorasi materi artistik, Essaidi juga melihat ke dalam penggunaan praktis, seperti transplantasi kulit. Sutra laba-laba sudah sedang dikembangkan oleh tim lain untuk aplikasi teknologi tinggi, yang berkisar dari kornea buatan untuk implan otak. (source : okezone.com) 


Suka Artikel Ini? Silahkan Share di Media Sosial Anda :)

Tag : Info, Pengetahuan
Back To Top