Tugas Robot Rover Setelah Resmi Mendarat di Mars

 

WASHINGTON - Robot Rover yang dikirim NASA menuju planet Mars telah tiba setelah menempuh perjalanan 26,219 mil. Dalam misi kali ini, Rover akan ditugaskan selama 11 tahun untuk meneliti permukaan dan kondisi planet.

Sebelum Rover, NASA telah mengirimkan Curiosty, robot pertama yang menjalankan misi ke planet Mars untuk melakukan tugas yang sama. Dibutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk melintasi ruang angkasa karena terlebih dahulu melakukan marathon antar-planet.

“Ini adalah pertama kalinya mesin buatan manusia telah mampu melampaui jarak marathon di permukaan dunia lain,” jelas Dr John Callas, Manajer Proyek Peluang di Banda Antariksa Amerika NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, yang dikutip dari Mirror, Jumat (27/3/2015).

Rover memulai perjalanannya pada akhir Desember 2014 dengan melewati jarak marathon 29,2 mil, dan tiba di permukaan Mars pada 24 Maret 2015. Menurut para ilmuwan, robot ini akan menjalankan misi dan melakukan 3.968 pekerjaan di Planet Merah tersebut.

"Misi ini bukan tentang pengaturan catatan jarak, tentu saja ini tentang membuat penemuan ilmiah di Mars dan penjelajah masa depan untuk inspirasi,” tambah Dr Steve Squyres, TIM Peneliti NASA.

Dalam misi pertama pada 2004 lalu, telah menghasilkan bukti tentang permukaan NASA yang mencatat tentang adanya air dalam tanah yang mengalir di permukaan planet. Tentunya, misi dari Rover diharapkan bisa berkembang lebih jauh lagi.

http://techno.okezone.com/read/2015/03/27/56/1125055/tugas-robot-rover-setelah-resmi-mendarat-di-mars

Suka Artikel Ini? Silahkan Share di Media Sosial Anda :)

Tag : Info, News, Techno
Back To Top