Bocah Ini Mampu Retas dan Kendalikan Mobil dari Jauh



Hanya bermodalkan peralatan sederhana seharga US$ 15, seorang anak laki-laki berusia 14 tahun mampu untuk meretas sebuah mobil dan mengambil alih banyak fungsi mobil tersebut hanya menggunakan ponsel.
 
Melansir Autoblog pada Kamis (5/3/2015), US$ 15 dolar tersebut dihabiskannya untuk merakit papan sirkuit sendiri sepanjang malam. Kemudian, di pagi hari, sirkuit sederhana tersebut digunakannya untuk masuk dan meretas sistem mobil.

Setelah memperoleh akses penuh, anak tersebut mampu untuk menyalakan mesin mobil, wiper, lampu, hingga sound system dan mengendalikannya. Meskipun begitu, ia tetap tidak mampu untuk mengambil alih kendali pengereman dan gas, meskipun hal itu sangat mungkin terjadi.

Kegiatan meretas mobil yang anak kecil ini lakukan bukanlah untuk tujuan kejahatan, melainkan merupakan sebuah kompetisi. 

Anak laki-laki yang tidak disebutkan namanya ini sedang mengikuti CyberAuto Challenge, sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh organisasi nonprofit dan diikuti oleh pelajar dan mahasiswa untuk meretas apapun yang dianggap tidak mungkin.

Apa yang dilakukan anak itu rupanya membuka mata para pelaku industri, tidak hanya otomotif, yang terkejut dengan mudahnya meretas dan mendapatkan kontrol penuh atas produk mereka.

Celakanya, banyak pabrikan mobil yang nampaknya tidak memiliki solusi cepat untuk masalah ini. Bahkan, sebuah laporan menyebutkan bahwa 2 dari 16 pabrikan tidak memiliki rencana apapun terkait dengan serangan siber pada mobil mereka.

http://otomotif.liputan6.com/read/2184856/canggih-bocah-ini-mampu-retas-dan-kendalikan-mobil-dari-jauh

Suka Artikel Ini? Silahkan Share di Media Sosial Anda :)

Tag : Info, Techno
Back To Top