Software Google Error, Banyak Informasi Pribadi Bocor

 

GOOGLE - Masalah pada software Google menyebabkan informasi pribadi pemilik website mengalami kebocoran. Sehingga, data penting seperti nama, alamat rumah, email dan nomor telefon bisa dimanfaatkan oleh penjahat cyber.
 
Dilansir Pcworld, Jumat (13/3/2015), masalah privasi tersebut mengakibatkan kebocoran database yang berisi informasi kontak milik orang yang membeli nama domain atau pemilik website. Craig Williams, Senior Technical Leader untuk grup riset Cisco Talos menemukan isu tersebut

Untuk alasan privasi, pemilik website bisa memilih untuk membuat informasi pribadi, dengan cara membayar biaya tambahan. Craig Williams mengatakan, data yang bocor ini akan memudahkan penjahat cyber untuk menyusun email phishing.

Penjahat cyber akan mengelabui korban untuk mengungkap informasi atau mengklik link berbahaya. "Para penjahat dunia maya akan memiliki nama situs yang tepat, nama yang tepat, alamat yang tepat dan nomor telefon yang tepat serta email yang tepat," kata Craig.

Cisco mengatakan dalam posting-an blog bahwa terdapat 282.867 domain yang terpengaruh. Craig menemukan masalah ini pada bulan lalu saat melakukan penelitian tentang domain terkait dengan malware.

Google bermitra dengan perusahaan 'registrars' eNom untuk memungkinkan pengguna mendaftarkan nama domain mereka. Akan tetapi, pengaturan privasi untuk nama domain yang terdaftar melalui eNom dimatikan ketika domain naik untuk pembaruan, yang dimulai sekira pertengahan 2013.

Kerusakan ini kabarnya dapat bertahan lama, bahkan saat proteksi privasi kini sudah dimunculkan kembali. Perubahan pada rekaman database (informasi kontak) bisa segera dicatat oleh banyak orang dan organisasi, termasuk perusahaan keamanan.


http://techno.okezone.com/read/2015/03/13/207/1118089/software-google-error-banyak-informasi-pribadi-bocor

Suka Artikel Ini? Silahkan Share di Media Sosial Anda :)

Tag : Info, News, Techno
Back To Top