Susu Mampu Lawan Sakit Jantung dan Stroke

SUSU ternyata tidak hanya bagus untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang yang kuat. Berdasarkan hasil review yang dilakukan terhadap 324 studi mengenai efek konsumsi susu, peneliti dari Reading and Cardiff universities mengklaim bahwa minum susu bisa menurunkan risiko mengalami kematian akibat penyakit jantung dan stroke. Berlawanan dengan laporan yang menyatakan kalau susu berbahaya bagi kesehatan, mereka menegaskan kalau konsumsi susu bisa menurunkan risiko menderita penyakit kronis hingga 1/5-nya. 


Susu, terang peneliti, terbukti bisa mencegah perkembangan hampir semua jenis penyakit, kecuali kanker prostat, dan menurunkan risiko kematian akibat penyakit hingga 15-20%. Manfaat susu ini, lanjut salah seorang peneliti profesor Ian Givens, jauh lebih banyak daripada hanya untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang.


"Hasil review kami memungkinkan dilakukannya evaluasi untuk melihat apakah peningkatan konsumsi susu juga bermanfaat dalam menambah kemampuan bertahan hidup. Dan kami yakin kalau susu benar-benar bermanfaat dalam hal ini," tutur Givens, seperti dikutip situs
dailymail.

Saat meneliti jumlah kematian akibat penyakit jantung, stroke dan kanker kolorektal, lanjut Givens, ditemukan bukti kuat bahwa susu secara umum mengurangi risiko kematian akibat penyakit tersebut."Kami tidak menemukan adanya bukti yang mendukung kalau susu meningkatkan risiko penyakit ini, kecuali kanker prostat."


Hasil review ini, lanjut Givens lagi, menemukan bukti bahwa konsumsi susu dalam jumlah yang lebih besar pada akhirnya akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk mengobati penyakit kronis. (source : //www.mediaindonesia.com)

 

Suka Artikel Ini? Silahkan Share di Media Sosial Anda :)

Tag : Kesehatan
Back To Top