Akankah Era Smartphone Tersapu Phablet?

SMARTPHONE - PHABLET - Nampaknya era ponsel serta smartphone dengan ukuran kecil akan segera berakhir. Pasar mobile saat ini lebih banyak didominasi perangkat dengan layar berukuran besar.



Ketika perhelatan tahunan, Consumer Electronics Show (CES) 2013 dilangsungkan, banyakvendor yang memperkenalkan produk terbaru mereka. Menurut pantauan Yahoo News (08/01), acara tersebut didominasi oleh perangkat mobile berukuran besar, TV dan tablet.

Seperti contohnya saja, Huawei dengan Ascend Mate-nya yang berukuran 6,1 inci, Xperia Z dan ZL dengan layar berukuran 5 inci, dan masih banyak lagi lainnya.

Apabila mencoba melihat ke belakang, beberapa tahun lalu, rata-rata ponsel hanya memiliki layar dengan ukuran kecil. Pergeseran teknologi terus berjalan seiring waktu dan era ponsel mulai sedikit demi sedikit tergerus oleh kedatangan smartphone

Rata-rata smartphone yang beredar dua tahun ini memiliki ukuran layar tidak sampai 4 inci. Adapun juga masih terbatas jumlahnya. Kini, dimulai dari penghujung tahun 2012 dan awal tahun 2013, tren pasar nampaknya berubah.

Banyak vendor mulai membuat perangkat mobile dengan layar berukuran besar. Dari segi fungsi, memang perangkat mobile dengan layar lebar sekarang ini dengan smartphone tidak jauh beda. Namun, dari segi istilah tentunya berbeda.

Beberapa pengamat teknologi dan gadget menyebut perangkat mobile berlayar lebar dengan sebutan phablet atau phone tablet. Di sebut demikian karena, perangkat tersebut terlalu besar untuk ukuran sebuah smartphone dan terlalu kecil untuk ukuran tablet.

Apakah dengan munculnya tren perangkat mobile dengan layar besar ini, mengindikasikan bahwa sebentar lagi era smartphone akan berakhir dan berganti dengan zamannya phablet?


(source : http://www.merdeka.com/teknologi | photo : Phablet dan smartphone © Tablet-news.com)

Suka Artikel Ini? Silahkan Share di Media Sosial Anda :)

Tag : News, Techno
Back To Top